Kamis, 26 Januari 2012

Manfaat Susu Kedelai

Susu merupakan kebutuhan yang diperlukan bagi tubuh. Banyak produk susu yang bermunculan saat ini. Kebanyakan susu diambil dari sapi, tapi ada juga yang terbuat dari kedelai. Susu kedelai ternyata juga tidak kalah dengan susu sapi. Ternyata andungan dari susu kedelai juga banyak, termasuk kadar protein dan komposisi asam amino yang hampir sama dengan susu sapi.
Nah jika anda ingin mengganti menu minuman susu, anda bisa coba yang satu ini. Keunggulan lain dari susu kedelai dibandingkan susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol sama sekali. Namun, kandungan kolesterol pada susu sapi masih tergolong sangat rendah jika dibandingkan bahan pangan hewani lainnya.
Susu kedelai sekarang sudah dapat anda dapatkan dari supermarket. Kandungan protein dalam susu kedelai dipengaruhi oleh :
- Varietas kedelai,
- Jumlah air yang ditambahkan,
- Jangka waktu dan kondisi penyimpanan,
- Serta perlakuan panas.
Semakin banyak jumlah air yang digunakan untuk mengencerkan susu, maka akan semakin sedikit kadar protein yang diperoleh. Kadar protein dalam susu kedelai yang dibuat dengan perbandingan kedelai dan air 1:8, 1:10, dan 1:15 berturut-turut adalah 3.6%, 3.2%, dan 2.4%.
Susu kedelai akan mencukupkan kebutuhan gizi para vegetarian dan pelaku diet. Susu kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik.”Protein berfungsi untuk pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan dan stamina tubuh, serta mengganti sel-sel yang rusak atau tua. Susu kedelai yang dibuat dengan kadar protein 3% mempunyai mutu gizi yang mendekati susu sapi.
Mutu protein :
- Protein eficiency ratio (PER) susu kedelai adalah 2.3
- sedangkan PER susu sapi adalah 2.5
PER 2.3 artinya setiap gram protein yang dimakan akan menghasilkan pertambahan berat badan sebesar 2.3 gram. Dengan demikian, semakin tinggi nilai PER mencerminkan semakin baik mutu protein tersebut.
Susu kedelai sebaiknya dikonsumsi bagi yang ingin diet atau orang dewasa yang ingin tetap sehat selain dari susu sapi. Sebab jika susu kedelai dikonsumsi bagi anak-anak dan ibu hamil akan kekurangan kalsium untuk pertumbuhan dan kebutuhannya. Hal ini disebabkan kandungan kalsium dari susu kedelai dengan susu sapi sangat berbeda, yaitu lebih sedikit kandungan kalsium dari pada susu sapi. Secara umum susu kedelai mengandung vitamin B1, B2 dan niasin dalam jumlah yang setara dengan susu sapi atau ASI, serta mengandung vitamin E dan K dalam jumlah yang cukup banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar