Jumat, 09 Maret 2012

Tips Cantik Dari Cara Bicara

Kecantikan seseorang tak hanya bisa dilihat dari tubuh yang langsing serta make up yang ideal. Namun dengan cara bicara yang santun, wanita yang secara fisik biasa saja, justru tampak lebih menawan.

Berbicara adalah salah satu cara yang paling primer dalam interaksi dan komunikasi sesama manusia. Dengan berbicara, komunikasi antara dua orang akan lebih mudah dan cepat tersambung.

Dengan berbicara, ilmu pengetahuanpun akan bertambah dan semakin berkembang. Orang yang satu dengan yang lain, yang pada awalnya tidak saling mengenal akan dapat saling mengenal melalui sebuah pembicaraan. Kemudahan penyampaian informasi juga dapat diperoleh apabila pembicaraan telah dilakukan.

Dan tentunya, masih banyak lagi manfaat penting dari sebuah pembicaraan. Begitu banyaknya nilai manfaat yang dapat kita peroleh melalui pembicaraan, namun bukan berarti setiap pembicaraan juga bernilai baik dan memberikan efek yang baik pula.

Etika Berbicara
Ada kalanya, pembicaraan juga memberikan nilai dan efek yang buruk kepada si pembicara, pendengar kepada yang lainnya, atau bahkan kepada seluruh manusia. Untuk itu, agar pembicaraan benar-benar dapat bernilai baik dan mampu memberikan manfaat yang baik, perlu bagi seseorang untuk mengetahui etka dalam berbicara sebelum berbicara." Masing-masing orang punya ciri khas sendiri dalam berbicara, terutama orang-orang yang berasal dari daerah. Apa yang kita ucapkan merupakan gambaran karakter dari diri kita." Secara umum cara bicara yang baik harus memperhatikan tiga komponen yaitu :

1. Dengan siapa kita berbicara, artinya kita harus mengetahui latar belakang orang yang kita ajak berbicara agar komunikasi yang dilakukan dapat berjalan secara efektif.

2. Kita harus paham dengan tema yang disampaikan lawan bicara supaya tidak terjadi miss communication antara Anda dan lawan bicara Anda.

3. Harus didukung dengan body language. Artinya, dengan menggunakan bahasa tubuh, mempermudah kita untuk menyampaikan sesuatu yang ingin kita sampaikan. Namun perlu diingat, jangan menggunakan bahasa tubuh secara berlebihan. Meskipun seseorang berpenampilan modis namun cara bicaranya tidak dijaga, dia akan kesulitan berkomunikasi dengan orang lain.

Gaya Bicara

Bagi Anda yang ingin menonjolkan karakter diri melalui gaya bicara, Anda masih mempunyai kesempatan. Mulailah dari sekarang. Bagaimanapun, jika tidak didukung dengan gaya bicara yang baik penampilan Anda tidak sedap dipandang dan akan membuat orang lain ill feel alias kecewa.

Gaya adalh seni bagaimana kita mendeliverikan, mempresentasikan atau mengekspresikan apa yang kita bicarakan. Meski gaya bicara bervariatif dan " suka - suka " kita memilihnya tetapi ada semacam rambu -rambu umum yang perlu kita perhatikan yaitu :

1. Berbicara ngelantur kemana - mana. Ibarat maskan, terkadang kita butuh bumbu-bumbu yang ikut menambah kenikmatan dan kelezatan. Tapi bila bumbunya terlalu banyak, nasib menunya bisa lain. Begitu pula dengan berbicara. Terkadang kita butuh bumbu - bumbu seperti data, dalil, humor dan lain-lain. Tapi bila itu kebanyakan, ini akan mengalahkan materi utama yang kita sampaikan. Apalagi sampai ngelanturnya itu mengorupsi waktu orang lain. Silahkan bergaya apa saja tetapi jangan sampai ngelantur.

2. Berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat.
Terlalu cepat dapat membuat lawan bicara tidak mengerti dan tidak bisa mengikuti apa yang kita sampaikan.

3. Suara terlalu tinggi atau terlalu rendah
Jangan meninggikan suara sampai dapat menganggu lawan bicara kita, tetapi juga jangan terlalu merendahkan suara sampai tidak jelas didengar. Sebisa mungkin kita perlu mengatur nada, irama dan tekanan. Artinya, ada beberapa hal yang perlu kita keraskan, datarkan, dan rendahkan.

4. Terlalu banyak gerak atau diam
Gaya apapun yang kita pilih, itu suka - suka kita. Tetapi hendaknya kita perlu menghindari praktik " over acting " atau " under acting " ( terlalu diam ) sehingga terkesan seolah - olah tidak ada interaksi antara kita dengan lawan bicara.

Sumber: http://id.shvoong.com/lifestyle/2178612-trik-cantik-dari-cara-bicara/#ixzz1obd3L0mI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar